‘Unanswered Questions’ Selidiki Penulis Lirik K-Pop yang Diduga Mengambil Kredit Tanpa Menulis Lirik – Knesia.com

  • Whatsapp
'Unanswered Questions' Selidiki Penulis Lirik K-Pop yang Diduga Mengambil Kredit Tanpa Menulis Lirik - iniKpop

KNESIA.com: ‘Unanswered Questions’ Selidiki Penulis Lirik K-Pop yang Diduga Mengambil Kredit Tanpa Menulis Lirik – Knesia.com,

‘Unanswered Questions’ SBS telah menyelidiki isu ‘ghost writer’ di K-Pop yang mengemuka setelah Lee Ha Neul dari DJ DOC mengaku bahwa almarhum kakaknya Lee Hyun Bae adalah penulis lirik yang, di atas kertas, diklaim ditulis oleh Kim Chang Ryul dan Jung Jae Yong.

Sebelum kontroversi ini, ‘Unanswered Questions’ telah dihubungi pada bulan Maret oleh whistle-blower anonim yang mengklaim kejadian serupa di K-Pop. ‘Kim’, pemilik dari sebuah institut swasta untuk penulis lirik muda, diduga mencantumkan nama mereka di lebih dari 400 lagu. Lagu-lagu itu dibuat oleh grup populer termasuk EXO, Red Velvet, dan Kang Daniel.

Informan anonim tersebut mengungkapkan bahwa ‘Kim’ sering mengambil lirik dari siswa mereka sendiri dan juga menerima 8% dari biaya hak cipta untuk EXO dan “Dancing King” Yoo Jae Suk, yang sebenarnya sepenuhnya dikonsep dan dibuat liriknya oleh informan itu sendiri. Informan dikatakan hanya menerima 2,5% dari lagu tersebut.

Selanjutnya, informan anonim melaporkan bahwa seseorang berinisial ‘S’, yang membuat lirik untuk banyak lagu artis SM Entertainment, selalu ditemukan dalam kredit bersama dengan ‘Kim’, terutama untuk lagu-lagu EXO. Melalui penulis lirik anonim yang berbeda, ‘Unanswered Questions’ dapat memperoleh isi dari panggilan telepon antara ‘Kim’ dan ‘Mr. Choi ‘, yang dulunya adalah manajer A&R tingkat tinggi di SM Entertainment.

Menurut informasi yang dikumpulkan, ‘S’ adalah istri Mr. Choi, dan pasangan itu telah mengenal ‘Kim’ selama bertahun-tahun. Ketika ‘Unanswered Questions’ menghubungi SM Entertainment untuk memeriksa detailnya, perusahaan menjawab bahwa mereka tidak mengetahui hubungan ‘S’ dan Mr. Choi saat itu dan bahwa Mr. Choi dipecat dengan hukuman berat ketika kemudian diketahui bahwa dia tidak menjaga transparansi.

Namun, ‘Kim’ mengatakan pada ‘Unanswered Questions’ bahwa ‘S’ tidak pernah menempatkan namanya sendiri pada kredit tanpa berpartisipasi dalam proses pembuatan lirik. “Hanya saja ‘S’ dan karyawan A&R (Mr. Choi) kebetulan adalah anggota keluarga, yang membuat mereka mengerjakan semuanya secara pribadi,” klaim ‘Kim’.

Saat ini, ‘Kim’ telah menjadikan semua akun SNS dan YouTube-nya pribadi.



Sumber: (1)



SOURCE
KNESIA.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *