Grup-grup Kpop yang Miliki Lebih dari Satu Sub-Unit – Knesia.com

  • Whatsapp
Grup-grup Kpop yang Miliki Lebih dari Satu Sub-Unit - iniKpop

KNESIA.com: Grup-grup Kpop yang Miliki Lebih dari Satu Sub-Unit – Knesia.com,

Grup Kpop seringkali membuat sub-unit untuk menampilkan konsep berbeda dari para membernya, yang beranggotakan member tertentu, atau untuk memberi waktu istirahat kepada member-member yang lain.

Berikut ini grup-grup Kpop yang miliki lebih dari satu sub-unit selama karirnya!

AOA

Sub-unit pertama AOA, AOA Black, dibentuk nggak lama setelah debut mereka pada tahun 2013. Sub-unit selanjutnya adalah AOA Cream pada tahun 2016 dan sub-unit non-promosi AOA White, yang berfokus pada penampilan televisi.

After School

Sub-unit pertama After School adalah Orange Caramel, yang dibentuk pada tahun 2010 dan menunjukkan konsep yang sangat berbeda dari grup inti. Dua sub-unit lagi dibentuk pada tahun 2011 ketika grup dibagi menjadi A.S. Blue dan A.S. Red melalui voting para fans.

LOONA

Era pra-debut LOONA berkonsep mengungkap member baru setiap bulan dan mendebutkan mereka dalam subunit. Subunit pertama adalah LOONA 1/3, yang terdiri dari 4 member pertama yang terungkap. 3 member berikutnya membentuk subunit bernama ODD EYE CIRCLE, dan 4 member terakhir membentuk yyxy. Hanya Yeojin yang bukan bagian dari subunit, melainkan ‘subunit solo.’



EXO

EXO pada awalnya memulai debut sebagai EXO-K dan EXO-M, yang masing-masing bernyanyi dalam bahasa Korea atau Mandarin. Mereka mulai menghilangkan konsep subunit tersebut dan tampil secara keseluruhan pada tahun 2015. EXO-CBX (Chen, Baekhyun, dan Xiumin) memulai debutnya pada tahun berikutnya dan diikuti oleh EXO-SC (Sehun dan Chanyeol) pada tahun 2019.

NCT

NCT dengan konsep uniknya, telah membentuk sistem subunit sejak debut mereka. Promosi pertama NCT dilakukan melalui NCT U pada April 2016. Disusul NCT 127 pada Juli tahun yang sama, kemudian diikuti oleh NCT Dream pada bulan berikutnya. Subunit terbaru mereka adalah WayV yang berbasis di China, yang dikelola bersama oleh SM Entertainment di Korea Selatan dan Label V di China.

Super Junior

Aktif sejak waktu yang sangat lama, Super Junior telah membentuk 5 subunit sejak debut mereka di tahun 2005. Super Junior-K.R.Y. dibentuk pada tahun 2006, diikuti oleh Super Junior-T pada tahun 2007, Super Junior-M dan Super Junior-H pada tahun 2008, dan terakhir Super Junior-D & E pada tahun 2011.

Apa subunit grup Kpop favoritmu dari yang disebutkan di atas?

Sumber: (1)



SOURCE
KNESIA.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *