7 Pengganti Kopi yang Siap Bikin Tubuh Berenergi Seharian!

  • Whatsapp
7 Pengganti Kopi yang Siap Bikin Tubuh Berenergi Seharian!

KNESIA.com: 7 Pengganti Kopi yang Siap Bikin Tubuh Berenergi Seharian!.

  • Bagi kamu yang saat ini sedang mencari alternatif pengganti kopi, ini dia sejumlah list-nya yang bisa kamu coba. 
  • Di antaranya adalah matcha tea, lemon water, serta black tea.

Bersiap menghadapi hari tanpa asupan kopi? It seems impossible! Terlebih bagi kamu yang nyaris setiap harinya membutuhkan kopi untuk tambahan kafein agar tubuh selalu berenergi dan lebih siap menghadapi segala deadline pekerjaan. 

Read More

Kaya akan antioksidan, kopi sebenarnya memiliki manfaat kesehatan yang baik apabila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Tetapi jika dalam sehari kamu meminum begitu banyak kopi (relateable, hmm?), kafein yang ada di dalamnya justru dapat berdampak buruk pada kesehatan mental dan fisikmu. 


Jadi apabila saat ini kamu sedang mencoba untuk mengurangi asupan kafein di kopi dan mencari minuman pengganti kopi yang bisa membuatmu tetap bersemangat seharian, maka Shweta Gupta seorang celebrity nutrisionist dan dietitian asal India memberi list-nya berikut ini:

1. Matcha Tea

Kandungan flavonoid dan L-theanine yang terkandung dalam matcha adalah pengganti kopi yang tepat dan siap membantu pikiranmu merasa lebih rileks serta terbebas dari rasa kantuk. Mengonsumsi matcha tea juga dapat meningkatkan fokus, rasa waspada, mengurangi perasaan stres dan anxiety. Tidak seperti kopi, matcha mampu memberi asupan energi yang bertahan lama dalam tubuh dan mampu meningkatkan fungsi otak, sehingga pastinya membantumu lebih baik lagi saat bekerja.

2. Air Lemon

Mulai harimu dengan meminum segelas air hangat yang telah diberi perasaan lemon untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta energi juga membantu menghidrasi tubuh. Kadar asam yang terdapat di lemon efektif untuk merangsang cairan lambung dan aliran empedu, sehingga membantu membersihkan tubuh dan meningkatkan metabolisme. Air lemon juga bisa membantu mengatasi gejala kelelahan karena masalah stres dan kekurangan zat besi. Vitamin C dalam lemon pun menyehatkan kelenjar adrenal dan penyerapan zat besi, di mana hal ini mampu membuat kamu merasa lebih segar dan energik.

3. Black Tea

Bagi kamu yang tidak bisa mengonsumsi kopi, sekarang kamu bisa beralih dengan mencoba black tea atau teh hitam. Black tea memang memiliki kandungan kafein yang lebih sedikit dibanding kopi, tetapi mampu meningkatkan energi secara cepat. Kandungan polyphenols (antioksidan) di dalamnya juga berkhasiat untuk mengurangi risiko terserang penyakit kronis, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi inflamasi yang ada di tubuh. Mengonsumsi black tea dibanding kopi juga membantu memperkuat sistem imun dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

4. Cuka Apel

Rasa lelah yang disebabkan oleh aktivitas fisik yang berlebihan atau stres, bisa diredakan dengan mengonsumsi segelas air yang telah dicampur cuka apel. Kandungan asam amino, enzim, serta potasium yang ada di cuka apel bisa mengembalikan kadar energi dan meningkatkan kesehatan tubuh kamu. Cukup tambahkan 2-3 tetes cuka apel ke dalam air hangat and you are good to go!


5. Dark Chocolate

Cokelat memiliki sejumlah nutrisi unik di dalamnya. Kandungan polyphenol yang ada di dark chocolate membantu melancarkan siklus peredaran darah dan meningkatkan kadar oksigen serta nutrisi ke dalam otot, yang mana hal ini menghindarkan kita dari rasa lesu. Zat antioksidan bernama theobromine di dalam dark chocolate tidak hanya memberi signature rasa yang unik tetapi juga bisa meningkatkan energi dan kewaspadaan tanpa efek samping seperti halnya mengonsumsi kafein. Pilihlah dark chocolate dengan kandungan cocoa sebesar 75% untuk mendapatkan energi yang lebih baik.

6. Wheat Grass Juice

Tak sekadar rendah kalori, wheat grass juice juga merupakan salah satu sumber serat dan protein terbaik. Belum lagi minuman ini pun bersifat alami untuk menambah energi dan menghambat radikal bebas dalam tubuh. Jus berwarna hijau ini juga bisa mencegah stres dan mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Tambahkan 20 ml wheat grass juice ke dalam air hangat dan minum di pagi hari sebelum mengonsumsi apapun.

7. Air Kelapa

Air kelapa merupakan minuman terbaik untuk mengembalikan tubuh dari dehidrasi dan mengisi kadar elektrolit dalam tubuh. Air kelapa juga membantu membantu menjaga daya tahan tubuh dan meningkatkan energi dalam jangka waktu yang lama.

(Artikel ini disadur dari Cosmopolitan India / Perubahan telah dilakukan oleh editor / Alih Bahasa: Giovani Untari / Ed. / Images: Dok. Thought Catalog on Unsplash, Mariah Hewines on Unsplash, Charisse Kenion on Unsplash, Dian Schuurkamp on Unsplash)



SOURCE
KNESIA.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *