Memesona, Ini 7 Jenis Ikan Aquascape yang Super Cantik – Knesia.com

  • Whatsapp
Memesona, Ini 7 Jenis Ikan Aquascape yang Super Cantik

KNESIA.com: Memesona, Ini 7 Jenis Ikan Aquascape yang Super Cantik,

Bersepeda dan bercocok tanam jadi dua jenis hobi yang saat ini sedang naik daun. Namun, nyatanya, nggak hanya dua hobi tersebut yang banyak digandrungi, lho. Saat ini, ada satu hobi yang juga sedang digemari oleh orang banyak, yaitu akuaskaping atau aquascape.

Untuk kamu yang belum tahu, aquascape adalah sebuah seni yang mengatur tanaman, air, batu, karang, kayu dan lain sebagainya. Medium yang digunakan dalam menuangkan seni ialah kota kaca atau akrilik yang serupa dengan akuarium. 

Hobi yang satu ini tidak lah sama dengan hobi memelihara ikan hias di aquarium. Pasalnya, aquascape lebih menekankan pada seni menghias sebuah kotak yang serupa dengan akuarium di mana ikan hias hanya berperan sebagai penghias pendukung. Sedangkan, pada aquarium, ikan hiaslah yang memegang peran sebagai fokus utama.

Nggak boleh sembarangan, Ikan yang digunakan dalam aquascape pun harus khusus. Hal ini dikarenakan beberapa jenis ikan tertentu, bisa merusak tanaman ataupun hiasan utama dalam aquascape. Ikan aquascape sendiri biasanya memiliki ciri khusus, seperti berukuran kecil dengan warna dan corak yang memikat mata. Dengan ciri khususnya itu, jenis ikan tersebut mampu memanjakan mata lebih dalam lagi, saat menatap aquascapemu. 

Nah, kalau kamu menambahkan ikan pada aquascape, kamu bisa mempertimbangkan beberapa ikan cantik ini, nih. Berikut 7 jenis ikan yang mampu mempercantik aquascapemu.

1. Discus

Berasal dari Amazon, spesies ikan yang satu ini punya ciri yang paling mudah diidentifikasi melalui warna tubuhnya. Ya, ikan discus memiliki ciri tubuh dengan warna yang sangat berwarna-warni. Warna tubuh yang cantik ini digunakan olehnya untuk menemukan dan menarik pasangan. Kalau kamu mau bawa pulang ikan ini untuk aquascapemu, siapkan kocek mulai dari Rp15.000 s.d. Rp100.000 untuk tiap ekornya, ya.

2. Zebra Danio

Memesona, Ini 7 Jenis Ikan Aquascape yang Super Cantik

Memiliki tubuh dengan motif seperti zebra ialah alasan mengapa ikan yang satu ini dinamai Zebra Danio. Berbicara soal keunikan ikan Zebra ini, kamu akan melihatnya dengan jelas pada bagian tubuhnya. Pasalnya, jenis ikan yang dibandrol dengan harga Rp10.000 ini memiliki corak garis yang melintang di sekujur tubuhnya. Warna garisnya pun cukup beragam, Bela. Di antara keberagaman warna tersebut, corak garis berwarna merah dan biru lah yang memiliki permintaan pasar paling tinggi.

3. Manfish

Memesona, Ini 7 Jenis Ikan Aquascape yang Super Cantik

Jika kebanyakan ikan aquascape memiliki keunikan pada corak tubuhnya, maka jenis ikan aquascape yang ini berbeda. Pasalnya, ikan manfish memiliki keunikan yang terletak pada bentuk tubuhnya yang berbentuk gepeng. Keindahan ikan ini juga semakin bertambah dengan warna indah yang dimilikinya. Kalau kamu mau menambah ikan ini di dalam aquascapemu, siapkan budget kisaran Rp10.000 untuk per ekornya.

4. Rainbow Fish

Memesona, Ini 7 Jenis Ikan Aquascape yang Super Cantik

Punya warna cerah yang mampu memantulkan keindahan jadi alasan mengapa jenis ikan aquascape ini banyak diburu. Sisiknya yang rupawan menyerupai pelangi pun jadi nilai tambah dari jenis ikan yang satu ini.

5. Angel Fish

Memesona, Ini 7 Jenis Ikan Aquascape yang Super Cantik

Tak hanya indah aja, ikan angel fish ternyata juga punya kontribusi yang besar dalam merawat ekosistem aquascape, lho. Hal ini dikarenakan jenis ikan yang satu ini memiliki kemampuan untuk mencegah turunya PH dalam air. Karena kemampuannya tersebut, ikan ini cocok bersanding dengan berbagai tanaman di dalam aquascapemu.

6. Guppy

Memesona, Ini 7 Jenis Ikan Aquascape yang Super Cantik

Super cantik. Itulah dua kata yang terlintas di pikiran, saat melihat ikan yang memiliki ekor bak bendera yang sedang berkibar ini. Jenis ikan bernama Guppy yang sekilas bak ikan cupang ini dijual dengan harga yang tergolong murah, yaitu Rp5.000 per ekornya.

7. Ikan Tetra

Memesona, Ini 7 Jenis Ikan Aquascape yang Super Cantik

Jenis ikan yang satu ini cukup populer di kalangan para pencinta aquascape. Pasalnya, jenis ikan yang berukuran kecil ini memiliki harga yang cukup murah, yaitu Rp1.000 per ekornya. Selain murah, ikan tetra juga punya banyak jenis dengan ragam dan corak yang sangat memikat mata. Adapun jenis dari ikan tetra ialah amber tetra, cardinal tetra, neon tetra, black neon tetra, dan harlequin tetra.

Bagaimana? mau borong semua ikan super cantik untuk aquascape yang sudah kamu siapkan?

SOURCE
KNESIA.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *